Esports

Meniti karir sebagai atlet esports tidaklah semudah kelihatannya. Para atlet profesional yang telah mencoba berbagai turnamen dunia pun membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai popularitas. Mulai dari pergantian game yang ditekuni, masalah tim, permasalahan dari dalam individu itu sendiri, pasti pernah dilalui para atlet profesional.

Dunia electronic sports yang gemerlap mungkin nampak dipermukaannya. Namun berbagai peran di balik layar, termasuk atlet pasti banyak pengorbanannya. Orang yang memilih menekuni electronic sports pastinya menyadari berbagai risiko yang akan dihadapinya.

Mulai dari permasalahan kesehatan fisik dan mental, stigma masyarakat, dan sebagainya, merupakan contoh risiko para penggiat electronic sports.

Masalah Kesehatan Fisik

Banyak atlet yang memiliki kepercayaan bahwa grinding dapat meningkatkan keahliannya. Grinding sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan berulang untuk jangka waktu lama. Oleh sebab itu para pemain pun bisa menghabiskan hingga 12 jam sehari untuk berlatih dan meningkatkan keahlian. Pola inilah yang menjadi awal berbagai masalah kesehatan fisik atlet electronic sports.

Hal fatal yang bisa dialami atlet esports adalah mengalami cedera mata dan punggung. Kecenderungan duduk dalam posisi tidak tepat dan waktu lama merupakan penyebab adanya gangguan tulang punggung. Gangguan mata seperti computer vision syndrome merupakan cedera fisik yang sangat mungkin dialami pemain. Cedera mata ini menjadikan nyeri karena adanya peradangan.

Thrombosis juga bisa menjadi permasalahan kesehatan fisik para penggiat electronic sports. Penyakit ini terjadi karena adanya penggumpalan pembuluh darah. Umum menyerang betis dan paha manusia. Seorang pemain olahraga elektronik asal Inggris bernama Chris Staniforth mengalami penyakit ini. Dirinya tidak tertolong nyawanya karena kebiasaan bermain hingga 12 jam dalam sehari.

Masalah fisik selanjutnya yang bisa dihadapi adalah terjadinya peradangan otot yang disebut nintendonitis. Muncul karena efek samping terlalu lama memegang kontroler. Penggunaan yang berlebihan dapat memengaruhi pergerakan jemari, siku, tangan, hingga bahu. Sehingga dapat menimbulkan cedera pada otot penggunanya apabila intensitasnya terlalu berlebihan.

Masalah Kesehatan Mental

Bagi para gamers atau pemain yang hanya bermain untuk menghilangkan penat, game bisa sangat menyenangkan. Namun akan berbeda pada seorang atlet profesional. Bermain game bukan lagi suatu hiburan, tetapi juga profesi yang menghabiskan banyak waktu. Atlet esports pun bisa merasakan bosan dan lelah saat terlalu banyak bermain.

Kehilangan motivasi dalam bermain pun sangat nyata untuk terjadi. Saat itu masalah kesehatan mental seperti stres bisa mulai muncul. Namun karena tidak ingin mengecewakan penggemar, atau masalah ego yang tinggi, menjadikan kesehatan mental atlet pun menurun. Hal tersebut bisa memunculkan masalah lain seperti susah tidur dan menurunkan nafsu makan.

Para atlet juga dihadapkan dengan ketakutan akan game yang tidak bertahan selamanya. Mereka harus pandai-pandai mengatur agar selalu eksis sebagai gamers profesional. Menghadapi stigma negatif dari masyarakat pun harus mereka alami. Mungkin bagi yang namanya sudah populer hal itu tidak menjadi permasalahan, tetapi akan berbeda bagi mereka yang pemula.

Baca juga: Esports Yang Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho!

Fisik dan mental yang terus terforsir pada atlet profesional dapat memunculkan masalah kesehatan yang lebih serius. Misalnya adalah gagal jantung. Sudah banyak kasus gamers yang terlalu berlebihan dalam bermain bisa terenggut nyawanya akibat lelah secara mental dan fisik. Contohnya seorang pria Taiwan yang meninggal karena bermain selama 3 hari berturut-turut.

Risiko ringan hingga berat yang membahayakan nyawa atlet electronic sports sudah seharusnya menjadi perhatian. Anda perlu memiliki mental dan fisik yang baik apabila ingin menekuni kegiatan ini. Bahkan sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit tertentu untuk berkarir sebagai atlet esports, misalnya pemilik riwayat epilepsi.

Game Poker TerbaikRekomendadi Terbaik Untuk Menghasilkan Bermain Game IDN Poker Di Situs POKERBO.ONLINE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here