Esports

Atlet esports dunia bisa menghasilkan pendapatan yang terbilang fantastis. Hal tersebut tentunya menilik dari hadiah berbagai turnamen bergengsi. Misalnya saja The International 9 Dota 2 yang memberikan pool prize sebesar US $32 juta. Belum lagi Fortnite World Cup 2019 yang memberikan pool prize sebesar US $40 juta.

Tidak hanya dari hadiah pertandingan, seorang atlet electronic sports pun bisa mendapat penghasilan dari piala online dan sponsor. Sehingga banyak atlet berprestasi yang bisa menghasilkan puluhan miliar rupiah pada usianya yang masih tergolong muda. Beberapa atlet internasional berikut memiliki penghasilan luar biasa dari pencapaian fantastis mereka.

Kuro “Kuroky” Takhasomi

Pemain ini berasal dari Jerman yang berhasil mendapatkan pendapatan tertinggi tahun 2018. Dari kemenangannya, Kuro mendapatkan penghasilan sekitar US $4.09 juta atau sekitar Rp57,4 miliar. Kuro merupakan atlet Dota 2 yang pertama kali mampu memenangkan 1.000 pertandingan. Dirinya juga mampu memainkan 107 Pahlawan yang berbeda selama berkarir.

Pada tahun 2008, Kuro bergabung bersama mousessports dan memainkan Dota 1. Kemudian mulai bermain di Dota 2 dan bergabung bersama tim esports seperti PANZER, 10.000, dan GosuGamers.net. Namun dirinya mulai terbang setelah berhasil menempati peringkat kedua di turnamen The International 2013. Dirinya mencirikan 5Jungz yang kini berganti nama menjadi Team Liquid.

Johan “n0tail” Sundstein

Pemain berpengaruh selanjutnya berasal dari Denmark bernama Johan Sundstein. Sejak masa Heroes of Newerth, dirinya telah menekuni electronic sports ini. Dirinya berhasil menciptakan popularitas bersama tim Fnatic dengan menjuarai berbagai turnamen online HoN. Kemudian saat Dota 2 muncul, dirinya bersama tim Fnatic pun berhasil menjadi skuad unggulan.

Penghasilan Johan pada 2018 mencapai US $3.73 juta. Kurang lebih Rp51.8 miliar. Johan dan timnya pernah memenangkan XMG Captains Draft 2.0 tahun 2014. Dirinya adalah salah satu pendiri OG pada tahun 2015. OG sendiri merupakan tim Dota yang pertama kali mampu menyabet empat gelar, yaitu Manila, Kiev, Boston, dan Frankfurt.

Amer “Miracle-“ Al-Barqawi

Al-Barqawi merupakan atlet esports Dota 2 yang berasal dari Yordania-Polandia. Dirinya mendapat popularitas setelah berhasil mengalahkan Aliwi “W33” Omar di Eropa Dota 2. Al-Barqawi kemudian direkrut oleh OG yang menambah popularitasnya di dunia electronic sports. Bersama OG, dirinya berperan sebagai pemain safelane dan mid.

Al-Barqawi merupakan pemain dunia yang pertama memperoleh 9K MMR. Pada 2016, dirinya berpindah ke Team Liquid dan terus memperoleh berbagai prestasi bersama timnya. Penghasilannya pada tahun 2018 sebesar US $3.67 atau Rp51,4 miliar. Beberapa kejuaraan yang pernah didapatkannya adalah The International 2017, China Dota 2 Supermajor, EPICENTER 2017, dan sebagainya.

Ivan “MinD_ContRoL” Ivanov

Ivan Ivanov merupakan atlet asal Bulgaria. Pada waktu yang cukup lama, Ivanov memilih berkarir sebagai agen bebas. Hal tersebut karena kecenderangan untuk memiliki daftar baru dalam tim. Ivanov mencoba kebeuntungannya dengan bergabung bersama Burden United dan Oslik Gaming. Namun berkat rekrutmen dari Team Liquid, Ivanov mulai menekuni Dota 2.

Baca juga: Esports Diam-diam Hasilkan Banyak Prestasi Untuk Indonesia

Penghasilan Ivan “MinD_ContRoL” Ivanov pada tahun 2018 berkisar US $3.43 juta. Setara dengan kurang lebih Rp48,14 miliar. Beberapa prestasi yang pernah didapatkannya berasal dari kejuaraan The International 2017, China Dota 2 Supermajor, EPICENTER 2017, EPICENTER 2016, dan StarLadder u-League StarSeries Musim 3.

Beberapa atlet internasional tersebut hanyalah segelintir orang dari banyaknya pemain yang berhasil menorehkan prestasi internasional. Nama lain seperti Jesse “JerAx” Vainikka, Topias “Topson” Taavitsainen, Anathan “ana” Pham, Xu “fy” Linsen, dan Wang “Ame” Chunyu, juga merupakan deretan atlet berpenghasilan tinggi yang berprestasi di berbagai turnamen esports bergengsi.

Game Poker TerbaikRekomendadi Terbaik Untuk Menghasilkan Bermain Game IDN Poker Di Situs POKERBO.ONLINE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here